Pages

Senin, 16 Maret 2015

Pengertian dan Sejarah WEB


Definsi WEB

Berikut ini adalah definisi WEB menurut para ahli :
  1. Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling  banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.
  2. Menurut Wahana Komputer, Web adalah formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada sutu jaringan komputer.
  3. Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni intrenet.
  4. Menurut Haer Talib, Web adalah sebuah tempat di internet yang mempunyai nama dan alamat.
  5. Menurut Boone (Thomson), Web adalah koleksi sumber informasi kaya grafis yang saling berhubungan satu sama lain dalam internet yang lebih besar.
  6. Menurut Feri Indayudha, Web adalah suatu program yang dapat memuat film, gambar, suara, serta musik yang ditampilkan dalam internet.
  7. Menurut Yuhefizar, Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser


Jadi, menurut pendapat saya, Web adalah sebuah metode pengaksesan internet yang terdiri dari sejumlah halaman situs yang terkumpul di dalam WWW (World Wide Web).Website menyediakan sejumlah informasi dalam bentuk tulisan,gambar (diam atau gerak), dan suara yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya sehingga dapat membentuk sebuah rangkaian yang cukup besar yang terhubung dengan jaringan-jaringan setiap halaman atau biasa disebut Hyperlink. Setiap halaman pada Web akan mempunyai nama dan alamat yang tersimpan dalam bentuk HTML (Hyper Text Markup Languange) yang dapat diakses nantinya melalui HTTP(Hyper Text Transfer Protocol) pada setiap browser yang akan digunakan.



Sejarah WEB

Jaringan informasi yang begitu besar ini dikenal sebagai WWW (World Wide Web) adalah hasil buah pikirian dari seseorang yang bernama Tim Berners-Lee. Ia adalah seorang ilmuwan yang memiliki latarbelakang pendidikan pengolahan teks, komunikasi dan real-time software. Ia bekerja pada CERN (Centre Européenne Recherche Nucleaire) atau disebut juga European Laboratory for Particle Physics, saat itu ia menemukan ide tersebut.

Sir Tim Berners-Lee

Pada tahun 1980 di pusat penelitian tersebut ia sudah membangun sebuah alat dan model perangkat lunak yang disebut Enquire. Enquire adalah sebuah database halaman-halaman data dan informasi yang satu sama lain saling terkoneksi atau dikenal dengan istilah linked.

Pada tahun 1984 permasalahan pun muncul ketika Tim Berners-Lee menyadari bagaimana cara bagi para ilmuwan untuk dapat mengakses berbagai macam data dan informasi yang dibutuhkan yang tersimpan pada masing-masing komputer yang ada di laboratorium.

Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee menulis sebuah proposal Information Management untuk diedarkan dan dikomentari oleh CERN. Kemudian setelah itu  Tim Berners-Lee mendapatkan bantuan dari ilmuwan lainnya yang juga bekerja di CERN yang bernama Robert Cailliau.

Pada tahun 1990 Tim Berners-Lee dan obert Cailliau kemudian bersama-sama membuat proposal lainnya yang lebih disempurnakan yang akhirnya disetujui oleh bos dari Tim Berners-Lee yaitu Mike Sendall. Mereka pun memulai pengembangan untuk HyperText Markup Languageyang pertama pada lingkungan komputer NeXT dan Pada akhir tahun 1990 akhirnya web browser pertama yang diberi nama World Wide Web dipublikasikan secara umum untuk pertama kalinya.

Setelah dipublikasikan pertama kali di akhir tahun 1990, tahun-tahun berikutnya diisi dengan berbagai macam konferensi dan pertemuan-pertemuan para ahli untuk membahas mengenai teknologi web ini dan juga pertama kalinya diaktifkannya sebuah web server yang berada di luar Eropa tepatnya di Universitas Standford di Amerika Serikat.

Pada tahun 1993 jumlah web browser semakin banyak bermunculan seperti Midas, Erwise, Viola, and Samba. Pada tahun ini pula CERN setuju untuk membolehkan siapa saja untuk menggunakan web protocol dan juga kode-kode bebas royalti.

Pada tahun 1994 banyak terjadi seminar dan konferensi para ahli akan teknologi web yang terus berkembang. Pada tahun ini pun sistem internet dial-up mulai berkembang yang juga menunjang perkembangan dari teknologi web. Pada tahun ini para ahli mulai membicarakan akan pentingnya dibentuk sebuah konsorsium yang akan menangani perkembangan teknologi web ini . Pada bulan Oktober 1994 akhirnya dibentuklah sebuah konsorsium dengan nama World Wide Web Consortium atau disingkat W3C.

Teknologi web pun terus berkembang dan mulai dirasakan di berbagai bidang. Teknologi internet dan web pun sekarang sudah menjadi bagian hidup hampir setiap individu dan mempengaruhi bagaimana cara seseorang hidup, belajar, bekerja, bermain dan bersosialisasi.








Sumber : http://raghibnuruddin217.blogspot.com/2013/01/pengertian-definisi-web.html
http://mersannurhakim.blogspot.com/2013/03/sejarah-web.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Tim_Berners-Lee

0 komentar:

Posting Komentar