Pages

Rabu, 22 April 2015

ANALISIS WEB CONTENT

Pada kali ini, saya akan menganalisis web yang paling sering saya kunjungi yaitu Jejaring Sosial Twitter. yap silahkan membaca!




Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet.". Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler


Fitur-fitur Twitter :

1. Kicauan
Kicauan atau biasa disebut dengan tweet pengguna dapat terlihat oleh siapapun tetapi pengguna dapat membatasi pengiriman kicauan (tweet) hanya bagi pengikut mereka. Pengguna bisa "berkicau" melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel ataupun melalui layanan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Layanan-layanan tersebut bersifat gratis, kecuali layanan SMS, yang dikenakan biaya oleh penyedia layanan seluler.

Di dalam kicauan jejaring sosial twitter kita akan dapat mengetahui hal-hal yang sedang ramai dibicarakan di Indonesia ataupun negara-negara lain.

a.Format
Pengguna dapat mengelompokkan kicauan menurut topik atau jenis dengan menggunakan tagar (hashtag) – kata atau frasa yang diawali dengan tanda "#". Sedangkan tanda "@", yang diikuti dengan nama pengguna, digunakan untuk mengirim atau membalas kicauan pada pengguna lain. Untuk memosting ulang kicauan pengguna lain dan membaginya pada pengikut sendiri, terdapat fitur retweet, yang dilambangkan dengan "RT". Pada akhir 2009, Twitter menambahkan fitur "daftar" (list), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membalas kicauan pada daftar pengguna, bukannya pada pengguna secara perorangan. 

b.Topik Hangat
Sebuah kata, frasa, atau topik yang lebih banyak dibicarakan daripada topik lainnya disebut dengan topik hangat/tren (trending topics). Suatu topik bisa menjadi tren karena adanya upaya terpadu oleh pengguna, ataupun karena adanya suatu peristiwa yang mendorong orang untuk membicarakan satu topik tertentu.Topik ini membantu Twitter dan penggunanya untuk memahami apa yang sedang terjadi di dunia.Twitter sendiri telah mengubah algoritma topik hangat terdahulu untuk mencegah manipulasi tren.


2. Photos and videos
Fitur photos and videos dapat digunakan pengguna jejaring sosial twitter untuk mengunggah foto ataupun video yang diinginkannya ke dalam akun twitter mereka.

3. Notifications atau notifikasi
Fitur notifications pada jejaring twitter ini berfungsi untuk memberikan pemberitahuan tentang segala apapun yang melibatkan akun pengguna kita.

4. Messages atau pesan
Fitur ini dapat digunakan sebagai media untuk mengirimkan pesan antar pengguna tanpa khalayak umum mengetahui isi pesannya. Maka dari itu messages pada jejaring twitter ini bersifat rahasia karena hanya dapat diketahui oleh pengguna yang bersangkutan.

5. Favorites
Fitur favorites pada jejaring twitter digunakan untuk menyimpan hal apapun yang menurut pengguna twitter sangat berkesan bagi mereka.

6. Following
Fitur following ini adalah fitur yang menyimpan data pengguna twitter yang ingin diikuti dengan cara mem-follow akun pengguna lain. Follow di jejaring sosial twitter seperti halnya dengan “add friend” di jejaring sosial facebook.

7. Followers
Fitur ini adalah fitur yang menyimpan data pengguna twitter lain yang ingin mengikuti akun twitter kita. 



Kelebihan dan Kekurangan Jejaring Sosial Twitter


Kelebihan Twitter : 
1) Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
2) Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
3) Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali 
diblokir
4) Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
5) Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
6) Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
7) Dapat menyeleksi setiap pengguna twitter yang berhak maupun tidak untuk  menjadi pengikut atau followers akun twitter kita.


Kelemahan Twitter:
1. Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
2 .Dibatasi sampai 140 karakter per kicauan atau tweet.
3. Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
4. Mudah disalah gunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan yang menjadi topik yang dapat dilihat seluruh pengguna twitter.







0 komentar:

Posting Komentar