Pages

Kamis, 03 Juli 2014

MENGALISA WEBSITE SOSIAL BUDAYA


Jawa Barat adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Provinsi ini terletak di sebelah DKI Jakarta sehingga banyak pendatang yang menetap di provinsi ini. Ibu kotanya ialah Bandung.
Saya akan menganalisa tentang website http://jabarprov.go.id/. Dari analisa yang telah saya lakukan pada website tersebut, menurut pendapat saya website tersebut memberikan sebuah informasi penting secara menyeluruh tentang provinsi jawa barat. Dari mulai sejarah, visi dan misi, lambang dan moto, serta Seni&budaya masyarakat Jawa Barat.

Berikut adalah Sekilas tentang Jawa Barat.
Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak di antara 5º50'- 7º50' Lintang Selatan dan 104º 48'- 108º 48' Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar. Jumlah penduduknya pada tahun 2011 mencapai 46.497.175 jiwa (Sumber : Database SIAK Provinsi Jawa Barat Tahun 2011).

Secara administratif sejak tahun 2008, kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat berjumlah 26 kabupaten/kota terdiri atas 17 kabupaten dan 9 kota dengan 625 kecamatan dan 5.877 desa/kelurahan. Jawa Barat terbagi dalam 4 Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan (Bakor PP)Wilayah, sebagai berikut wilayah I Bogor meliputi Kab.Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. sukabumi, Kota sukabumi dan Kab. Cianjur. Wilayah II Purwakarta meliputi Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kab. Karawang, Kab. Bekasi, dan Kota Bekasi. Wilayah III Cirebon meliputi Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Majalengka, dan Kab. Kuningan. Wilayah IV Priangan meliputi Kab. Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat, Kab. Sumedang, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, dan Kota Banjar.
Struktur Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat terdiri atas 1 Sekretariat Daerah dengan 12 Biro dan Sekretariat DPRD, 20 Dinas, 17 Badan, 17 Lembaga Teknis, 3 Lembaga Lain, 3 Rumah Sakit Daerah, 121 Unit Pelaksanaan Teknis Daerah, dan 1 unit Pelaksana Teknis Badan. Usaha terbesar yang menyerap lapangan kerja di Jawa Barat adalah sektor pertanian, sektor perindustrian, dan sektor perdagangan.

Seni dan Budaya Masyarakat Jawa Barat
Pada website ini membahas lambang dan moto Jawa Barat, yaitu :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZEK0kkSXBHaxlqdBxcfb_TzvONNJXn_DwMx7__8qTolQCuc44MhijqC1VUiJhQXj1nE8rPzf6VGrbU_lXcpVCy35NwsFK1i6fP9OPupCg0D68DZEN6KS33f6YpnbEX51ZgGzcU8rVqq-h/s1600/LOGO+PROVINSI+JAWA+BARAT.jpg


Lambang Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berbentuk bulat telur, diambil dari bentuk perisai yang biasa digunakan oleh laskar-laskar pada zaman baheula (dahulu). Dibagian tengahnya terdapat gambar “kujang” yang menjadi gambar pokok. “Kujang” merupakan alat serba guna yang selama ini dianggap senjata khas masyarakat Sunda. Pada salah satu sisi “kujang” tersebut terdapat lima buah lubang yang melambangkan lima dasar pokok negara “pancasila”. Pada sisi kiri dan kanan gambar ”kujang” terdapat untaian padi dan kapas. Padi melambangkan bahan makanan pokok masyarakat Jawa Barat. Untaian padi tersebut terdiri atas 17 butir gabah, melambangkan tanggal hari kemerdekaan Republik Indonesia. Di sebelah kanannya terdapat gambar kapas yang terdiri atas 8 buah. Angka 8 adalah lambang bulan Agustus, atau bulan kedelapan, saat proklamasi dikumandangkan. Ketiga gambar tersebut tertera di atas dasar yang berwarna hijau, sebagai lambang kesuburan tanah Jawa Barat. Lambang gunung yang memotong bagian tengah, melukiskan bagian terbesar dari wilayah Jawa Barat yang terdiri atas daerah pegunungan. Di bagian bawahnya terdapat gambar dua garis putih bergelombang dengan latar belakang warna dasar biru. Garis putih bergelombang dengan latar belakang warna biru tersebut melambangkan sungai, terusan, saluran, dan laut yang memberi ciri alamnya. Di antara gambar berbentuk “garis putih” dan "kotak-kotak" terdapat lambang bendungan, dam, dan saluran air. Ketiga bangunan air tersebut merupakan kunci untuk memanfaatkan kekayaan alam Jawa Barat yang subur menuju kesejahteraan masyarakatnya, sebagaimana motto yang tertera di bagian paling bawah "Gemah Ripah Repeh Rapih”. Gemah ripah artinya subur makmur, cukup sandang dan pangan. Repeh rapih artinya rukun, damai, aman, dan sentosa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Motto Provinsi Jawa Barat  adalah “ Jawa Barat merupakan daerah yang kaya raya dan Subur Makmur yang didiami oleh banyak penduduk yang rukun dan damai “.


Kehidupan Sosial Budaya Masyarakatnya, masyarakat jawa barat dikenal sebagai masyarakat yang memiliki kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional yang dapat dikembangkan oleh masyarakatnya sendiri, seperti tarian daerah, musik daerah, adat daerah masih dikembangkan oleh masyarakatnya. Dalam hal berperilaku sosial, masyarakatnya berfalsafah pada silih asih, silih asah, dan silih asuh yang mengartikan bahwa masyarakat jawa barat saling mengasihi, saling memberi pengetahuan, dan saling mengasuh diantara masyarakatnya. Masyarakat Jawa Barat lebih mengedepankan keharmonisan seperti pada pepatahnya yaitu “ herang caina beunang laukna “ yang berartikan bahwa masyarakat jawa barat menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru, atau berprinsip saling menguntungkan masing-masing pihak. Sehingga kehidupan sosial antara setiap warganya dapat terjalin dengan harmonis.

fitur-fitur yang terdapat didalam web ini :

  • Sejarah Singkat tentang Jawa Barat yang mana akan diberikan penjelasan mengenai batas wilayah, motto daerah, dan sifat-sifat serta sikap masyarakat Jawa Barat secara menyeluruh.
  • adanya peta Jawa Barat 
  • adanya sejarah kepemimpinan 
  • letak geografis
  • kebudayaan masyarakat jawa barat di bidang sosial dan budaya
  • adanya susunan pemerintahan
  • prestasi daerah seperti (piagam, galery batik dll)
  • adanya pasar modern pada layanan umum yang mana pasar  akan menjadikan sebuah interaksi sosial bagi masyarakat. karena adanya kontak langsung antar setiap individu satu sama lain.





Sumber : http ://http://jabarprov.go.id/

0 komentar:

Posting Komentar