Pages

Sabtu, 26 September 2015

Desain Komunikasi Visual

Hello bloggers! kali ini saya akan sedikit berbagi informasi yang saya ketahui tentang DKV nih. DKV? yappp DKV adalah singkatan dari Desain Komunikasi Visual. untuk lebih jelasnya lets check this out!




Banyak masyarakat awam yang belum mengetahui tentang istilah Desain Komunikasi Visual, biasanya sering di identikkan sebagai pembuat undangan, pembuat desain-desain dengan komputer dan ada juga yang sering menyangkut pautkan dengan pembuat "iklan" sebenarnya tidak salah sepenuhnya tetapi hanya saja iklan hanya salah satu sarana atau media yang dihasilkannya. Sehingga banyak sekali yang kurang mengetahui hasil karya Desain Komunikasi Visual ini. 


Sejarah singkat istilah Desain Komunikasi Visual

Istilah ini sebenarnya baru dikenal di Indonesia pada awal tahun 1980-an. Dicetuskan oleh
seorang desainer grafis dari Belanda yaitu Gert Dumbar pada tahun 1977, ia mencetuskan istilah itu karena menurutnya desain grafis tidak hanya mengurusi cetak-mencetak saja. Namun juga mengurusi moving image, audio visual, display dan pameran. 

Gert Dumbar

Sehingga istilah desain grafis tidaklah cukup menampung perkembangan yang kian luas. Maka dimunculkan istilah desain komunikasi visual seperti yang kita kenal sekarang ini.


Definisi Desain Komunikasi Visual
  
Terdapat beberapa versi tentang definisi Desain Komunikasi Visual ini.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari wikipedia, Desain Komunikasi Visual merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan.

Sedangkan Menurut beberapa ahli :
1. Menurut Michael Kroeger, Visual Communication atau Komunikasi Visual adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition). 

2. Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

3. Menurut Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Pada dasarnya, secara etimologi istilah Desain diambil dari kata "designo" yang berasal dari itali yang artinya ialah gambar. Sedangkan dalam bahasa inggris Desain atau designare dari bahasa latin yang artinya merencanakan atau merancang. dan dalam dunia seni rupa, desain digambarkan dengan bentuk, rupa, rancangan maupun sketsa. 

Komunikasi mengartikan untuk menyampaikan suatu pesan dengan menggunakan media yang berhubungan dengan maksud tertentu.

Sedangkan Visual, berasal dari kata latin "vindare" yang dapat diartikan melihat. Atau baisanya visual dapat diartikan sebagai suatu hal yang dapat dilihat oleh mata kita ini.

Sehingga saya sedikit menyimpulkan bahwa, Desain Komunikasi Visual adalah sebuah seni atau design yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang dapat dilihat oleh mata atau secara visual (dapat berupa gambar, simbol atau yang lainnya) dengan menggunakan sebuah media yang dapat menginformasikan untuk setiap tujuan yang ingin dicapai.


Begitulah sedikit informasi tentang Desain Komunikasi Visual yang dapat saya berikan di blog ini, semoga bermanfaat yaa!




1 komentar:

Eheeem mengatakan...

mantap, salam kenal, sama sama komunikasi kita


Stisipol pahlawan 12
Jurnal Stisipol pahlawan 12

Posting Komentar