Dalam kamus bahasa Indonesia “Game”diartikan
sebagai permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga
bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. Permainan adalah kegiatan
yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah
permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan,
disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan
rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk
membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.
Game berasal dari kata bahasa inggris
yang berarti dasar permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian
kelincahan intelektual( Intellectual Playability Game) yang juga bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Dalam game, ada target-target yang
ingin dicapai pemainnya.
Perkembangan
game terbaru saat ini adalah penggunaan virtual reality (VR). Virtual Reality,
dalam bahasa indonesia disebut Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang
membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam
dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam
lingkungan tersebut. Contohnya seperti
Game, misal Game FPS ( First Person Shooter ). User akan merasa diri kita sendiri
yang menjadi karakternya.
Bisnis Dalam Game Komputer
Saat ini
perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game
berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para
pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat.
Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau
sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat
intelektual para penggunanya.
Aplikasi
games dapat dijalankan pada berbagai platform. Beberapa platform media yang
bisa dijadikan pilihan untuk advergames adalah :
1. Personal Computer berupa aplikasi games pada PC. Games
ini dijalankan pada personal computer. Pada media Personal Computer, durasi
waktu penayangan adalah tidak terbatas, selama games tersebut bagus dan mampu
menghibur audience/pemain, maka selama itulah tingkat kemungkinan untuk dilihat
audience akan semakin tinggi.
2. Web Based Games. Yaitu aplikasi games yang diletakkan
pada server di internet dimana audience/pemain hanya perlu menggunakan akses
internet dan browser untuk mengakses games tersebut. Corporate yang memiliki
keinginan mengumpulkan komunitas internet dan sekaligus memperkenalkan
product/brandnya kepada komunitas Internet sangat cocok memilih media games
online internet ini.
3. SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan pada
mobile devices bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows
mobile 5.0. Product yang memiliki target market status ekonomi A,B dan karakter
pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media
PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising. Games
bertemakan strategi ataupun simulasi bisnis pada umumnya lebih disukai oleh
orang-orang golongan ini.
4. CellPhones / Mobile Phones. Aplikasi games untuk
cell-phones atau mobile phones sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan
potensial pelanggan dengan golongan Status Ekonomi Responden A,B dan C. Produk
yang memiliki target golongan ABG, remaja, anak kuliah, eksekutif muda sangat
tepat menggunakan media ini, mengingat pada golongan inilah mereka suka sekali
mencoba dan mengeksplorasi features aplikasi yang tersedia pada
mobile/cellphones mereka. Mereka biasanya aktif mencari aplikasi bersifat fun
atau game yang dapat mengisi waktu senggang mereka.
3D Engine dan Scene Graph
Ogre3D
OGRE
(Object-Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan suatu engine berobjek
oriented (berorientasi objek) dan fleksibel terhadap 3D. Direpresentasikan
dengan bahasa C++ serta dirancang lebih mudah dan intuitif bagi pengembang
untuk menghasilkan aplikasi yang menggunakan hardware berakselerasi 3D.
Game Maker
Gamemaker (GM)
adalah game engine untuk pengembangan game 2D yang dibuat
oleh YoYoGame. GM bertujuan membantu orang mengembangkan gametanpa perlu
mengetahui bahasa pemrograman terlebih dulu
Unity3D
Unity 3d
adalah salah satu software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain
itu juga merupakan software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga
digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat dijelaskan
sebagai salah satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga
game engine , yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja:
Director dan Torque game engine.
Design
Skenario, Script dan Storyboard Game Komputer
Design
skenario : Design Skenario merupakan dasar untuk membuat game dengan merancang
dokumennya dan scenario menentukan interior dan eksterior, dekor, dan studio,
serta pembuatan trik. Dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik,
tokoh, animasi, suara, dan music.
Script : suatu
uraian interaksi manusia dengan mesin yang membantu proses desain dan berfokus
pada keperluan user yang berbeda, sehingga dapat digunakan untuk aktivitas
desain. Script berbentuk kode yang dapat dipasag pada script editor untuk
menambahkan fitur-fitur yang diinginkan pada game yang dibuat.
Storyboard
: visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan
gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan, dapat dikatakan juga sebagai
visual script yang akan dijadikan outline dari suatu proyek.
Artificial
Intelligence (AI) merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar
mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan
manusia. Banyak metode untuk pembuatan Artificial Intelligent (AI) pada
game, beberapa diantaranya akan dijelaskan dibawah ini :
Decision Making adalah serangkaian algoritma yang dirancang dengan memasukan beberapa kemungkinan langkah yang bisa diambil oleh suatu aplikasi, Pada game ini decision makingmemberikan kemampuan suatu karakter untuk menentukan langkah apa yang akan diambil. Decision making dilakukan dengan cara menentukan satu pilihan dari list yang sudah dibuat pada algoritma yang dirancang.
- Path Finding
Metode pathfinding paling mudahditemui pada game-game bertipe strategi dimana kita menunjuk satu tokoh untuk digerakkan ke lokasi tertentu dengan mengklik lokasi yang hendak dituju. Si tokoh akan segera bergerak ke arah yang ditentukan, dan secara “cerdas” dapat menemukan jalur terpendek ataupun menghindari dari rintangan-rintangan yang ada. Salah satu algoritma pathfindin yang cukup umum dan yang paling banyak digunakan utnuk mencari jarak terpendek secara efisien adalah algoritma A* (baca: A star).
Arsitektur Game Engine
Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Interaksi Fisik dalam Teknologi Game : Efek fisik dalam
Game, Collision Detection
Efek fisik
dalam game ada 2, yaitu positif dan negatif :
Efek
positif dalam game:
1. Meningkatkan
konsentrasi. Kemampuan konsentrasi pemain game online akan
meningkat karena mereka harus menyelesaikan
beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya
permainan.
2. Meningkatkan
koordinasi tangan dan mata.
3. Meningkatkan
kemampuan membaca.
4. Meningkatkan
kemampuan berbahasa inggris.
5. Meningkatkan
pengetahuan tentang komputer. Untuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan
kualitas gambar yang prima seorang peman game online akan berusaha mencari informasi
tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk
memainkan game tersebut. Karena pengguna komputer aktif biasanya mereka juga
akan belajar troubleshooting komputer dan overclocking.
6. Meningkatkan
kemampuan mengetik. Kemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena mereka
menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.
Efek
negatif dalam game :
1. Kecanduan.
Untuk mencegah hal ini, adalah dengan membatasi waktu bermain game. Misalnya, 2
atau 3x dalam satu minggu dengan jangka waktu 1-2 jam.
2. Membatasi
Hubungan Sosial. Banyak sekali para pecandu game memiliki sedikit waktu untuk
membina hubungan sosial di kehidupan nyata mereka sehingga kemampuan
berkomunikasi dan interaksi secara fisik dan oral menjadi tidak terasah.
Collision Detection
Algoritma
untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game.
Flash mulai versi 5 ke atas menyediakan method yang bernama hitTest untuk
memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum
method hitTest ini tersedia, seorang programmer Flash harus mendeteksi secara
manual koordinat sebuah movie clip, apakah movie clip ini bertabrakan dengan
movie clip lain. Cara ini sangat merepotkan karena harus mempertimbangkan pula
ukuran movie clipnya.
User
Interface Pada Game Komputer
User
interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user
komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin.
Dalam
desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :
a. Diegetic
Elemen user
interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris)
sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual,
audible atau haptic.
b. Meta
Gambaran
yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial
untuk pemain.
c. Spatial
Elemen User
Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu
entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
d. Non-Diagetic
Antarmuka
yang diberikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di
dunia nyata desain interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display
(HUD).
Penampilan
Grafik Scene Game Komputer
1. Visibility merupakan tampilan grafik
scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik
dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut.Biasanya pada video game
terdapat istilah 2.5D. Istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D. hanya
saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan
sebagainya yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
2. Level of Detail (LOD) merupakan
tingkat teknik detail dalam meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban
kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual
berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul
ketika jauh atau bergerak cepat.
sumber : https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/
http://aripratama.com/apa-itu-virtual-reality/
http://stely-novenus.blogspot.co.id/2015/12/bisnis-dalam-game-komputer.html
https://raflyjuninton93.wordpress.com/2015/05/06/arsitektur-game-engine/
http://febrianaindahsetiowati.blogspot.co.id/2016/03
http://harrysetyobudi.blogspot.co.id/
http://faradiland.blogspot.co.id/2016/02/pengantar-teknologi-game.html
0 komentar:
Posting Komentar