Pages

Sabtu, 12 November 2016

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)



A. Definisi SEO


Search Engine Optimization atau SEO adalah Melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap sebuah situs web atau halaman web agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web tersebut,  Situs web atau halaman tersebut akan ditampilkan di halaman pertama daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik.


B. Fungsi SEO
  • Memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.
  • Mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung.
  • Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Pengunjung yang merupakan pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
  • Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, logikanya akan rela berdiam lebih lama di situs demi memuaskan rasa ingin tahunya.
  • Meningkatkan konversi.
  • Meningkatkan popularitas, otoritas dan  brandawareness.

C. Dasar SEO

On Page SEO
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking 1 Google.

Dasar yang harus diterapkan dalam on page SEO :
1.      Title Tag
Title Tag seperti judul pada suatu posting atau artikel tetapi berbeda, umumnya title tag dibaca oleh search engine. Apabila Title tag menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. 
2.      Meta Description
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel suatu postingan.
3.      URL
URL atau Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
4.      Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag < title >.
5.      Image & Image ALt Tag
6.      Link to Site Authority
     Link to Site Authority Merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google


Off Page SEO
Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs menggunakan backlink. Backlink adalah Link dari halaman situs yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai

Page Rank yang tinggi. Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yaitu artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai Page Rank yang tinggi.

Suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan dapat menjadikan situs tersebut memiliki ranking tinggi dengan kata kunci yang di targetkan jika mendapatkan backlink dari situs yang memiliki Page Rank tinggi.


E. Kelebihan dan Kekurangan SEO 


Kelebihan SEO pada situs/halaman web
  1. Jika berada dihalaman pertama hasil pencarian Google sesuai kata kunci yang ditarget,situs/halaman akan memiliki kesempatan 24 jam seminggu (24/7) secara terus-menerus.
  2. Tidak perlu membayar ke Google untuk bias ditampilkan dihalaman pertama hasil pencarian Google selama 24 jam seminggu (24/7).
  3. Lebih Fleksibel menentukan judul dan dekripsi situs/halaman.
  4. Membangun otoritas dan brand perusahaan, professional, atau personal secara online dengan lebih baik.
Kekurangan SEO pada situs/halaman web
  1. Tidak bias hanya dalam waktu kurang dari 1 jam untuk dapat muncul di halaman pertama Google.
  2. Dibutuhkan biaya,waktu,dan usaha saat melakukan SEO.
  3. Karena hasil yang permanen dibandingkan situs/halaman non-SEO, adanya peluang yang baik untuk membangun otoritas dan brand, maka persaingan situs/halaman untuk masuk di halaman pertama pencarian Google akan lebih tinggi.





0 komentar:

Posting Komentar