Pages

Kamis, 24 November 2016

CLOUD COMPUTING


Definisi Cloud Computing

Apa itu Cloud Computing?
Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama.


Teknologi komputer berbasis sistem Cloud Computing ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan menggunakan fitur internet.


Model Cloud Computing

Penerapan Cloud Computing dibagi menjadi beberapa model, yaitu :
·         Private Cloud
Model ini digunakan untuk sebuah komunitas atau perusahaan untuk kebutuhan internal. Dimana departemen IT akan berperan sebagai penyedia layanan.
·         Public Cloud
Model ini digunakan untuk masyarakat umum. Dimana masyarakat dapat langsung mendaftar ataupun memakai layanan yang ada.
·         Community Cloud
Model ini dibuat semata-mata untuk sebuah komnitas tertentu, dimana konsumennya berasal dari organisasi tersebut memiliki kesamaan tujuan atau perhatian pada suatu hal. Sebagai contoh dalam keamana, aturan, dsb.
·         Hybrid Cloud 
Model ini merupakan gabungan beberapa model cloud (private, public, community) dimana data dan proses aplikasi dapat dibagi secara berbeda pada cloud.


Cara Kerja Cloud Computing

Cloud Computing bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem Cloud memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.


Manfaat Cloud Computing

·         Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat
Keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri.
·         Keamanan Data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.
·         Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet.
·         Investasi Jangka Panjang
Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing.


Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan Cloud Computing
·         Fleksibilitas
Penambahan komputer tidak perlu dilakukan, dengan melakukan self-provisioning hanya dalam hitungan menit kapatasitas yang ditambahkan siap digunakan.
·         Akses Lebih Mudah
Tidak perlu menggunakan komputer untuk menyimpan data, karena data yang digunakan akan tersimpan didalam server. Sehingga ketika kita berada dimanapun akan bisa mengakses.
·         Hemat Biaya
Perusahaan yang menggunakan cloud computing tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk alokasi hardware karena tidak perlu melakukan maintanance dan mengurangi penggunaan listrik.
·         Meningkatkan availability dan ketersediaan data
Sistem yang digunakan cloud sudah didesain high availability, sistem tersebut sudah berada pada data center yang sudah menjamin ketersediaan listrik, pendingin, dan lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.

Kekurangan Cloud Computing
·         Membutuhkan Koneksi Internet
Jika tidak ada koneksi internet jangan berharap untuk bisa menggunakan komputasi awan. Hal ini yang menjadi penyebab atau hambatan perusahaan yang menggunakan teknologi komputasi awan tidak bisa eksis di daerah yang belum terintegrasi internet.





Sumber: http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
https://mediaweb.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-computing-komputasi-awan/

0 komentar:

Posting Komentar