Pages

Rabu, 12 April 2017

PEMROGRAMAN JARINGAN

GET IP


Get IP digunakan untuk mendapatkan informasi tentang Alamat IP pada suatu komputer. berikut ini salah satu program untuk mendapatkan informasi alamat IP dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

Listing Program




Logika Program


Listing ini digunakan untuk mengakses library pada bahasa pemrograman java yang digunakan untuk aplikasi berbasis jaringan.



Listing ini digunakan untuk memberikan nama class yang akan gunakan sebagai kelas utama yaitu dengan nama “getIP”. InetAddress host= null digunakan untuk mendeklarasikan atau memberikan nilai pada host untuk mendapatkan IP address. Variabel array digunakan dengan nama “ip” untuk menyimpan IP address yang telah didapatkan.



Listing ini digunakan untuk menggunakan perulangan for dimana diberikan inisialiasasi variabel i bernilai 0, variabel i harus lebih kecil dari panjang nilai di dalam variabel array ip dan kemudian nilai i akan bertambah satu nilai setiap perulangannya. Setelah itu digunakan percabangan if dengan kondisi nilai i harus lebih besar sama dari 0. Jika kondisi memenuhi maka akan mencetak “.” Dan kemudian akan mencetak nilai ip hingga mencetak nilai ip address secara keseluruhan.


Output Program

Untuk melihat hasil output, maka lakukan proses compile dengan memanggil fungsi javac "namafile".java. hasil compile sebagai berikut:






GET NAME

Berikut ini adalah listing program yang digunakan untuk mendapatkan nama pada komputer kita.

Listing Program


Listing ini digunakan untuk memberikan nama kelas yaitu "getName" sebagai kelas utama pada program. InetAddress host = null digunakan untuk mendeklarasikan atau memberikan nilai pada host untuk mendapatkan nama komputer yang digunakan. Variabel host akan menyimpan data yang tersedia di dalam localhost. Setelah itu program akan mencetak nama komputer dengan memanggil variabel host yang akan menampilkan nama host pada komputer.

Output Program





IP TO NAME


Ip to name digunakan untuk mendapatkan nama komputer dengan alamat ip. Berikut ini adalah program untuk ip to name:

Listing Program



Logika Program


Listing ini digunakan untuk mengakses library pada bahasa pemrograman java yang digunakan untuk aplikasi berbasis jaringan.



Listing ini digunakan untuk memberikan nama class pada program sebagai program utama, yaitu “IPtoName” dimana setiap blok program yang ada akan pertama kali dijalankan saat program dimulai.



Listing ini digunakan percabangan if yang digunakan jika user tidak memasukkan alamat IP maka program akan menampilkan pesan untuk membantu user melakukan penginputan secara benar dan kemudian program akan berhenti. 



Listing ini digunakan untuk mendeklarasikan variabel “host” dengan tipe data string dan mendeklarasikan varibael “address” dengan null.



Listing ini digunakan untuk menerapkan fungsi try-catch dimana try akan mendapatkan alamat IP berdasarkan nama host yang telah diinputkan dan akan disimpan pada variabel “address”. Catch digunakan untuk menangkap kesalahan yang terjadi pada program. kemudian program akan menampilkan alamat IP sesuai dengan nama host.


Output Program




Ns Look Up


Nslookup digunakan untuk mengetahui alamat ip dengan domain. berikut ini adalah program untuk menggunakan Nslookup:

Listing Program



Logika Progam



Listing ini digunakan untuk mengakses library pada bahasa pemrograman java yang digunakan untuk aplikasi berbasis jaringan.



Listing ini digunakan untuk memberikan nama class pada program sebagai program utama, yaitu “Nslookup” dimana setiap blok program yang ada akan pertama kali dijalankan saat program dimulai.



Listing ini digunakan percabangan if yang digunakan jika user tidak memasukkan nama host maka program akan menampilkan pesan untuk membantu user melakukan penginputan secara benar dan kemudian program akan berhenti. 



Listing ini digunakan untuk mendeklarasikan variabel “host” dengan tipe data string dan mendeklarasikan varibael “address” dengan null.



Listing ini digunakan untuk menerapkan fungsi try-catch dimana try akan mendapatkan nama host berdasarkan alamat IP yang telah diinputkan dan akan disimpan pada variabel “address”. Catch digunakan untuk menangkap kesalahan yang terjadi pada program.




Listing ini digunakan untuk mendapatkan alamat IP dan akan disimpan di dalam variabel array dengan nama “ip”. Perulangan for digunakan untuk mencetak alamat IP sesuai dengan nama “host” yang diinputkan. Pertama, program akan melakukan perulangan for dengan inisialisasi nilai variabel i=0, kemudian nilai i harus lebih kecil dari panjang nilai pada variabel ip dan nilai i akan bertambah satu nilai setiap perulangannya. Kemudian penggunaan percabangan if dengan kondisi nilai variabel i harus lebih besar sama dengan 0 setelah itu program akan menampilkan alamat IP.


Output Program






APLIKASI CLIENT-SERVER TCP SEDERHANA


Berikut ini adalah contoh program client-server pada pemrograman jaringan.

simpleClient.java

Listing ini berfungsi sebagai client. Import java.net.* berfungsi sebagai library untuk pemrograman jaringan. program akan dapat dijalankan apabila program server sudah dijalankan terlebih dahulu. pada program client, akan ditampilkan pesan untuk user menginputkan kata sandi atau pesan. yang nantinya akan dikirimkan ke program server.

simpleServer.java


Listing ini berfungsi sebagai server. Import java.net.* berfungsi sebagai library untuk pemrograman jaringan. Pada server terdapat perintah untuk meminta masukkan dari user, sehingga program ini didahulukan untuk dijalankan terlebih dahulu. Program akan menunggu hasil penginputan dari program client. jika client berhasil memasukan kata sandi atau pesan server akan mencetak pesan yang kemudian server akan menutup koneksi dan program akan berhenti. Apabila client mengetikkan “salam” maka pada tampilan server akan membalas “salam juga”. Tetapi apa bila client mengetikkan kalimat lain, maka akan ditampilkan pesan “Mmaaf, saya tidak mengerti”.

Output Program

Saat Server dijalankan, jika berhasil maka akan ditampilkan output seperti ini:



Kemudian pada tampilan Client, akan ditampilkan untuk memasukan kata kunci. apabila kata kunci tidak dimengerti, maka akan ditampilkan tampilan seperti ini;


Kemudian saat server dijalankan dan kata kunci yang diinputkan sesuai, maka akan ditampilkan tampilan seperti ini:

Tampilan Server



Tampilan Client










0 komentar:

Posting Komentar