Pages

Sabtu, 15 November 2014

ANALISA WEB PEMERINTAH







Provinsi Jawa Barat, adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Provinsi ini merupakan provinsi yang ditempati oleh banyak pendatang dari luar pulau dan menetap di Jawa Barat dikarenakan lokasi wilayah yang dekat dengan wilayah Ibu Kota yaitu DKI Jakarta. Ibu Kota Jawa Barat adalah Bandung. Situs Resmi dari Provinsi Jawa Barat yaitu http://jabarprov.go.id/.


Visi dari Provinsi Jawa Barat
 "Dengan Iman Dan Takwa, Provinsi Jawa Barat Termaju Di Indonesia"

Pada situs ini terdapat situs Tentang Jabar yang berisi :
Sekilas Jabar
Sejarah Jawa Barat, Peta Jawa Barat,Kependudukan, Kondisi Geografis

Visi dan Misi Jawa Barat
Lambang dan Moto Jawa Barat

Jabar Dalam Angka



VISI DAN MISI PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT



Visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat 2013-2018
Visinya yaitu “ Jawa Barat Maju Dan Sejahtera Untuk Semua ”

Pada visi tersebut berisi makna yang terkandung di dalamnya, yaitu :


Maju : adalah sikap dan kondisi masyarakat yang produktif, berdaya saling dan mandiri, terampil dan inovatif dengan tetap dapat menjaga tatanan sosial masyarakat yang toleran, rasional, bijak dan adaptif terhadap dinamika perubahan namun tetap berpegang pada nilai budaya serta kearifan lokal dan berdaulat secara pangan, ketahanan ekonomi dan sosial.

Sejahtera : adalah sikap dan kondisi masyarakat Jawa Barat yang secara lahir dan batin mendapatkan rasa aman dan makmur dalam menjalani kehidupan.


Untuk Semua : adalah kondisi dimana hasil pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan, elemen dan komponen masyarakat.


Misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat 2013-2018


1. Membangun Masyarakat yang Berkualitas dan Berdaya saing.
Hal ini untuk menciptakan sosok Jawa Barat 2018 yaitu Masyarakat Jawa Barat yang agamis, berakhlak mulia, sehat, cerdas, bermoral, berbudaya IPTEK, memiliki spirit juara dan siap berkompetisi.


2. Membangun Perekonomian yang Kokoh dan Berkeadilan.
Hal ini untuk menciptakan sosok Jawa Barat 2018 yaitu Perekonomian Jawa Barat yang semakin maju dan berdaya saing, bersinergi antar skala usaha, berbasis ekonomi pertanian dan non pertanian yang mampu menarik investasi dalam dan luar negeri, menyerap banyak tenaga kerja, serta memberikan pemerataan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

3. Meningkatkan Kinerja Pemerintahan, Profesionalisme Aparatur, dan Perluasan Partisipasi Publik.
Hal ini untuk menciptakan sosok Jawa Barat 2018 yaitu Pemerintahan Jawa Barat yang bermutu dan akuntabel, handal dan terpercaya dalam pelayanan yang ditopang oleh aparatur profesional, sistem yang modern berbasis IPTEK menuju tatakelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan pemerintahan yang bersih (Clean Government) serta menerapkan model manajemen pemerintahan hibrida yang mengkombinasikan manajemen berbasis kabupaten/kota dengan manajemen lintas kabupaten/kota.

4. Mewujudkan Jawa Barat yang Nyaman dan Pembangunan Infrastruktur Strategis yang Berkelanjutan.
Hal ini untuk menciptakan sosok Jawa Barat 2018 yaitu Pembangunan Jawa Barat yang selaras dengan kondisi daya dukung dan daya tampung lingkungan, memiliki infrastruktur dasar yang memadai, serta didukung oleh tersedianya infrastruktur yang mampu meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pertumbuhan ekonomi.

5. Meningkatkan Kehidupan Sosial, Seni dan Budaya, Peran Pemuda dan Olah Raga serta Pengembangan Pariwisata dalam Bingkai Kearifan Lokal.
Hal ini untuk menciptakan sosok Jawa Barat 2018 yaitu Kehidupan sosial kemasyarakatan yang kokoh dan berbudaya yang bercirikan tingginya pemanfaatan modal sosial dalam pembangunan, meningkatnya ketahanan keluarga, menurunnya jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), tingginya peran pemuda dalam pembangunan, meningkatnya prestasi olah raga tingkat nasional dan internasional, terpeliharanya seni dan warisan budaya dan industri pariwisata yang berdaya saing dalam bingkai kearifan lokal.


Bukan hanya Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat saja yang terdapat didalam situs ini, tetapi secara keseluruhan tentang Provinsi Jawa Barat. Pada kali ini saya akan meringkaskan sebagian isi dari situs resmi Pemerintah Jawa Barat ini.
Berikut ringkasannya :

Lambang Provinsi Jawa Barat 


Lambang Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berbentuk bulat telur, diambil dari bentuk perisai yang biasa digunakan oleh laskar-laskar pada zaman baheula (dahulu). Dibagian tengahnya terdapat gambar “kujang” yang menjadi gambar pokok. “Kujang” merupakan alat serba guna yang selama ini dianggap senjata khas masyarakat Sunda. Pada salah satu sisi “kujang” tersebut terdapat lima buah lubang yang melambangkan lima dasar pokok negara “pancasila”.

Pada sisi kiri dan kanan gambar ”kujang” terdapat untaian padi dan kapas. Padi melambangkan bahan makanan pokok masyarakat Jawa Barat. Untaian padi tersebut terdiri atas 17 butir gabah, melambangkan tanggal hari kemerdekaan Republik Indonesia. Di sebelah kanannya terdapat gambar kapas yang terdiri atas 8 buah. Angka 8 adalah lambang bulan Agustus, atau bulan kedelapan, saat proklamasi dikumandangkan. Ketiga gambar tersebut tertera di atas dasar yang berwarna hijau, sebagai lambang kesuburan tanah Jawa Barat.

Lambang gunung yang memotong bagian tengah, melukiskan bagian terbesar dari wilayah Jawa Barat yang terdiri atas daerah pegunungan. Di bagian bawahnya terdapat gambar dua garis putih bergelombang dengan latar belakang warna dasar biru. Garis putih bergelombang dengan latar belakang warna biru tersebut melambangkan sungai, terusan, saluran, dan laut yang memberi ciri alamnya.

Di antara gambar berbentuk “garis putih” dan "kotak-kotak" terdapat lambang bendungan, dam, dan saluran air. Ketiga bangunan air tersebut merupakan kunci untuk memanfaatkan kekayaan alam Jawa Barat yang subur menuju kesejahteraan masyarakatnya, sebagaimana motto yang tertera di bagian paling bawah "Gemah Ripah Repeh Rapih”. Gemah ripah artinya subur makmur, cukup sandang dan pangan. Repeh rapih artinya rukun, damai, aman, dan sentosa.


Arti bebasa dari motto daerah Jawa Barat secara keseluruhan ialah menyatakan bahwa Jawa Barat merupakan daerah yang kaya raya dan subur makmur serta didiami oleh banyak penduduk yang hidup rukun dan damai.


Selain itu, pada situs ini menjelaskan pula tentang struktur Pemerintahannya serta program kerja pemerintah Jawa Barat secara rinci.

a. Pimpinan Daerah
b. Visi Misi Pemprov Jabar
c. Kelembagaan
    OPD,DPRD,BUMD, dan Lembaga Lainnya
d. Program Kerja
    RPJMD, RPJPD, dan RKPD
e. Kabupaten/Kota
f. Pelaporan & Pertanggungjawaban
    LKPJ, LAKIP 2013, dan LAKIP 2012
g. Produk Hukum
h. Transparansi Pengadaan Barang dan Jasa
i. Program dan Kegiatan Unggulan Jawa Barat 2014
j. Transparansi Pengelolaan Anggaran 2012, 2013, dan 2014



Salah satu isi dari situs ini juga adalah adanya Potensi Jawa Barat untuk Sumber Daya Alam, Industri Kreatif, Pariwisata dan Seni Budaya khas dari Provinsi ini yang mana akan dijelaskan secara rinci sesuai dengan kota maupun kabupaten yang memiliki potensi ini.



BEBERAPA POTENSI PARIWISATA JAWA BARAT

Berada di kabupaten Bogor, yaitu Curug Cilember.





Curug Cilember merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang ada di Kabupaten Bogor. Obyek wisata yang terletak di Kecamatan Cisarua ini, berjarak sekitar 21 km dari arah Bogor serta dapat ditempuh dalam waktu + 30 menit dari arah Bogor. Curug Cilember memiliki keunikan tersendiri dikarenakan obyek wisata ini mempunyai obyek wisata air terjun sebanyak 7 buah. Begitu memasuki pintu gerbang wisatawan akan bertemu dengan air terjun (bhs. Sunda=curug) yang pertama dan begitu seterusnya sampai akhirnya di puncak bertemu dengan air terjun yang terakhir yang dikenal dengan nama curug tujuh.

Goa Godawang





Obyek wisata ini terletak di Desa Argapura Kec. Cigudeg kurang lebih berjarak 44 km dari Bogor menuju arah Leuwiliang - Jasinga dan memilki luas + 2,5 ha. Goa Gudawang merupakan sebuah Goa Kapur dimanan di dalamnya terdapat tiga buah goa yang dibuka untuk umum yaitu Simenteng, Simasigit, dan Sipahang.

Isi pada situs ini juga menjelaskan tentang Info Layanan dan Info Jawa Barat.

Info Layanan:
1) Fasilitas Umum
2) Info Lelang
3) Bursa Kerja
4) Perizinan
5) Tata Cara Permohonan Informasi
6) Link Terkait
7) Laporan Pelayanan Informasi Publik

Info Jawa Barat:
Arsip Berita
Galeri Video
Artikel
Galeri Foto
Galeri Batik
Prestasi Jawa Barat
Anugrah Inovasi Jawa Barat
Agenda
De Syukron 2014
PON XIX 2016

Email : info@jabarprov.go.id
Kontak : Tlp. (022) 2502898 Fax. (022) 2511505


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SITUS PROVINSI JAWA BARAT

A. Kelebihan
Menurut pendapat saya, setelah saya melihat dan menganalisis situs ini, terdapat beberapa yang menurut saya adalah sebuah kelebihan.

1) Situs ini berisi data tentang Provinsi Jawa Barat sangatlah lengkap. Mulai dari    pemerintahan, seni budaya, pariwisata, hingga layanan info untuk masyarakat.

2) Mudah dipahami cara menggunakan situs ini, sehingga pembaca tidak akan kesulitan saat mengunjungi situs ini.

3) Terdapatnya berita tebaru yang akan menjadikan pengunjung situs ini mendapatkan berita terbaru yang terdapat di daerah-daerah yang termasuk di dalam Provinsi Jawa Barat.

4) Terteranya media sosial seperti twitter yaitu @jabarprovgoid sehingga pengunjung dapat mendapatkan info seputar Jawa Barat melalui media sosial.

5) Adanya tampilan gambar Gedung Sate yang mana merupakan icon dari daerah Jawa Barat khusunya terdapat di kota Bandung.

B. Kekurangan
1) Terdapatnya gambar-gambar di situs awal yang tidak dijelaskan fungsi atau maknanya.

2) Pada menu Live Streaming harus dikoneksikan melalui ponsel.

3) Kurangnya tampilan khas kesenian dari Provinsi Jawa Barat pada menu awal.

4) Pada menu Industri Kreatif, belum terdapat isi dari industri yang dihasilkan dari setiap daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat.

5) Kurangnya gambar yang menggambarkan tentang Provinsi Jawa Barat.




Sumber :
http://jabarprov.go.id/index.php
Buku : "Sejarah Provinsi Jawa Barat jilid 1"


0 komentar:

Posting Komentar